Thursday 26 March 2015

Melihat Terowongan Terpanjang di Dunia

Terowongan Lærdal.  Foto:Amusing Planet
Di Norwegia, hampir mustahil untuk berkendara dari satu tempat ke tempat lain, tanpa melewati gunung atau naik feri untuk menyeberang. Ini adalah negara yang sangat indah, tapi kontur geografinya rumit yang dibuat oleh labirin, gletser, dan pegunungan.

hal ini membuat banyak masyarakat Norwegia tetap terisolasi, satu sama lain selama berbulan-bulan, terutama di musim dingin yang panjang. Kehidupan bertetangga bisa berjarak kurang dari satu mil, tentu jarak yang sangat jauh.

Tetapi itu sebelum Norwegia mulai membangun jaringan terowongan yang sangat luas. Jika gunung menghalangi jalan yang akan dibangun, mereka akan mengebor melalui gunung tersebut. Dan terowongan membuat berkendara melalui negara tersebut jauh lebih mudah, daripada mengambil rute memutar sepanjang pegunungan.

Ada lebih dari 900 jalan yang berupa terowongan di Norwegia dengan total panjang melebihi 750 kilometer, dan setidaknya ada 33 terowongan yang berada di bawah laut. Untuk negara sebesar Norwegia, ini adalah jumlah yang sangat banyak sekali.

Terowongan Lærdal.
Salah satu terowongan yang diberi nama Laerdal Tunnel, mempunyai panjang 24,51 kilometer, dan menjadikannya yang terpanjang di dunia. Terowongan ini menghubungkan desa-desa Lærdal dan Aurland, tetapi pada dasarnya menghubungkan ibukota Oslo ke Bergen dan kota terbesar kedua di negara itu dari Bergen.

Namun terowongan terpanjang adalah Gotthard Base Tunnel di Swiss, yang memiliki panjang 57 kilometer, tapi itu hanya digunakan oleh kereta api bukan oleh mobil seperti di Norwegia.

Keputusan untuk membangun terowongan Laerdal, dibuat pada bulan Juni 1992 ketika pemerintah menyadari bahwa, cuaca bersalju sering mengganggu perjalanan, sehingga diperlukan infrastruktur antara dua kota.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para insinyur adalah, bagaimana untuk menjaga pengemudi untuk tetap konsentrasi, selama berkendara secara monoton selama 20 menit. Ini sangat penting, karena bisa kehilangan konsentrasi menyebabkan kecelakaan.



Terowongan Lærdal.
Untuk memecahkannya, maka dibuat kelokan sedikit di antara jalur yang membentang lurus di jalan, dan pada setiap interval 6 kilometer ada gua besar. Gua dimaksudkan untuk memecahkan kebosanan mengemudi, dan memberikan pandangan yang menyegarkan dan memungkinkan pengemudi untuk beristirahat dengan singkat.

Gua-gua juga digunakan sebagai tempat mobil berbalik.

Perhatian khusus juga diberikan kepada pencahayaan. Cahaya putih digunakan dalam terowongan itu sendiri, gua-gua gunung dilengkapi dengan cahaya biru dan kuning yang memberikan salah satu ilusi mengemudi ke siang hari setiap 6 kilometer, dan cahaya keemasan di sepanjang lantai memberikan ilusi matahari terbit.

Untuk menjaga pengemudi dari mengantuk atau tertidur, masing-masing jalur disertakan dengan strip di tengahnya.

Kekhawatiran lainnya adalah ventilasi. Kualitas udara yang buruk di terowongan dicapai dengan dua cara, dengan ventilasi dan pemurnian. Udara dari kedua pintu masuk, dan polusi udara akan dikeluarkan melalui ventilasi sepanjang 18 kilometer yang terletak dari Aurland ujung terowongan. Terowongan ini juga adalah yang pertama di dunia yang dilengkapi dengan instalasi pengolahan air.

Melihat Terowongan Terpanjang di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abdul kadir

0 comments:

Post a Comment